October is...

Bulan Oktober nggak cuma identik dengan hiasan pumpkin dimana-mana, atau dandanan serba magis dan cosplay tokoh-tokoh mistis. Ternyata daripada itu, ada satu event yang ga kalah menariknya dan penting banget khususnya bagi para cewek. Breast cancer Awareness. Adalah bulan peduli kanker payudara dimana seluruh dunia berkampanye dengan logo yang sama yaitu Pink Ribbon.
Penasaran dengan sejarah ditetapkannya bulan Oktober sebagai Breast Cancer Awareness, aku search dong di Google terus nemu ceritaannya deh. Dimulai dari seorang wanita bernama Susan.G.Komen, seorang warga Amerika yang divonis kanker payudara pada tahun 1977 lalu meninggal dunia 3 tahun kemudian. Adik perempuannya yang bernama Nancy Brinker berjanji semaksimal mungkin untuk menghilangkan penyakit kanker payudara dari muka bumi. Sejak saat itu, Nancy mendirikan yayasan kanker payudara yang disebut Susan sebagai 'For The Cure'. Yayasan ini menjadi terkenal saat membagi-bagikan pita berwarna pink kepada peserta lomba lari di New York pada tahun 1991 di bulan Oktober. Sejak saat itu, bulan Oktober digunakan sebagai waktu utama kampanye untuk dukungan bagi para pengidap kanker payudara. Kenapa logonya pita warna pink? Karena pita melambangkan kepedulian dan warna pink berarti feminim atau identik dengan perempuan. Aku mau banget ikut menyumbangkan sesuatu untuk Breast Cancer Awareness campaign ini!!!
Ternyata dengan shopping di SEIBU GRAND INDONESIA, kita turut menyumbang untuk Breast Cancer survivor yang kurang mampu. Senangnyaaa ketika kegiatan shopping jadi lebih berarti untuk orang lain. Disini aku lagi shopping ditemenin sama suami sekalian ngedate berdua aja. Haha. Kerena lagi butuh beli bra, jadi aku main-main di konternya WACOAL. Sebelum ini, aku sudah sering belanja produk WACOAL karena model underwear-nya selalu up to date, nyaman dikenakan, dan kualitasnya bagus. No wonder, brand pakaian dalam yang sudah ada sejak tahun 1991 ini selalu jadi pilihan utamaku.
Jujur sejak ikut berpartisipasi dalam campaign Breast Cancer Awareness ini aku jadi lebih aware dengan melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang bisa dilakukan di depan cermin, waktu mandi, dan saat berbaring. Oh ya, supaya hasil SADARI jadi lebih akurat, waktu yang paling tepat untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari setelah periode menstruasi berakhir. karena saat menstruasi berlangsung, kadar hormon berfluktuasi yang menyebabkan perubahan pada tubuh termasuk payudara yang lebih kencang. Aku dapat tips-tips ini dari salah satu artikel di websitenya WACOAL lho, rekapnya aku tulis disini ya!

Cek dengan melihat
Berdiri di depan cermin lalu angkat lengan tinggi-tinggi. Cermati apakah ada benjolan atau perubahan areola? Apakah puting masuk seperti tertarik ke dalam?Apakah ada ruam atau eksim?

Cek dengan meremas
Selanjutnya dengan cara mmeremas payudara dan puting. Cermati apakah ada sekresi seperti darah atau cairan(bukan ASI) yang keluar dari putingmu?

Cek dengan menyentuh
Periksa dengan menyelaraskan 4 jari sehingga jari menyentuh dan menekan payudara, gerakkan jari membentuk lingkaran kecil. Cermati apakah ada benjolan? Dan apakah ada bagian yang terasa keras? Cek keseluruhan puting dengan gerakan melingkar.

Cara ini diyakini cukup efektif lho untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. The more you know, the less you fear.
Anyway, GRAND INDONESIA juga menyediakan VM(Visual Merchandise) Point yang berlokasi di lobby Amarta-Ground Floor, West Mall untuk mensupport kegiatan breast cancer awareness. Supporting the fighters, admiring the survivors, honoring the taken, and never, ever giving up hope.

No comments:

Post a Comment