I am Survivor ! - The Journey to Beat Enemy

Salam sukses! Haha apaan sih ini. Halooo semuanya. Apa kabar nih? Semoga baik bahkan luar biasa ya sodarah sodarah. Kali ini aku mau ngomongin soal acne aka jerawat aka my worst enemy. Bukan ngomongin doang loh bahkan nyeritain survivalnya(read:aib) aku buat beat my enemy. Enemy akuh bukan orang, teman-teman. Tapi acne. Suerrr. Di hidup aku gak ada lagi yang lebih jahat selain si acne itu tuh. Keliatan yak, kayanya aku benci banget sama acne. Wakakak. Siapkan hati dan pikiran, karena begitu scroll ke bawah harap jangan terkaget-kaget dengan kepanjangan ceritanya.
Acne tuh bikin aku menderita dan meranaaa soalnya selain bikin muka jadi kusam, bruntusan sana sini, bikin mental juga down, uhuhu. Aku tuh minder banget dulu pas sekolah apalagi pas sma. Mana di sekolaan juga ga boleh pake makeup kan ya, apalagi jaman aku sma tuh gak ada yang namanya bb cream, adanya foundation, kawan kawan. Masa iya pake foundation sepanjang masa. Bisa tambah geradakan nih kulit. Jadi boleh dibilang aku gak punya rasa pede. Udah pernah sih aku nyobain berobat di salah satu klinik daerah kelapa gading. supaya gak kena pasal UUD pencemaran nama baik =.=' abis tu masuk bui, aku ga sebut merek ya. Disitu, aku di facial alias disakiti mukanya alias dipencetttt! Abis udahan gitu disuntik. OhMyGod!!!! Abis itu baru dimasker *lega dikit* abis itu disuruh beli salep bau dan sabun muka warna kuning beraroma citrus. Semua produk klinik itu sendiri. Alhasil muka aku selama seminggu ga ada jerawat(karena udah dipencetin) tapi setelah itu ya ampunnnnn. Jerawat makin meradang, makin menggila. Merah satu muka. Bukan merah merona tauk, tapi merah jerawat semua!! Okeh, aku jerawatan sih gak kayak blogger yang di video youtube itu, yang mengalami cystic acne aka jerawat batu. Jerawat aku tuh kecil kecil tapi banyak bukan main, bahkan kulitku juga meradang. Jadilah komplikasi. Jijik banget lihat muka sendiri. Euh. Ada kali aku ngaca terus, lamak pula karena merasa jerawat nambah terus. Yang kempes sih ada satu, tapi yang numbuh 3 sekaligus. Jadi inget peribahasa "mati satu tumbuh seribu", bagus (y) ! Setelah kejadian horror klinik itu, aku gak berani ke dokter manapun lagi. Tante aku tuh sempet nawarin aku buat pergi ke dokter muka langganannya di daerah sunter, tepatnya di RS Royal Progress. Tapi karena aku udah tobat, jadi aku tolak. Aku berpasrah aja sama yang diatas. Haha.

Sebenernya dulunya aku emang ada jerawat, dari kelas 2 smp. Tapi dikit, normal dan ternyata umur segitu tuh wajar aja jerawatan. Emang lagih pubertas gitu lohhh. Hihi. Pas masih 1 smp sih aku masih diemin aja, nah pas 2 smp mau naik 3 smp mulai deh pakai sabun inilah itulah, obat ini itulah, kejebak iklan, sodarah sodarah. Apalagi baca majalah GADIS segalah. Wakaka. Banyak iklan kan di GADIS, jadi kepengaruh deh. 1 hal yang paling salah banget adalah aku sempet pake salep kemicetine, itu bukan obat jerawat. Sekali lagi, BUKAN OBAT JERAWAT!!!! <▪▪▪▪ tuh sampe digedein tulisannya. Ya, Tuhan, itu obat bisulan!!!!! Becanda nih? Gak! Suerrr, itu betul-betul obat b.i.s.u.l.a.n. Berkat pengetahuan pas-pasan anak smp culun yang amat oon dan cupu abis, aku menganggap bisul aja sembuh woi, masa jerawat yang lebih ringan nggak ampuh. LOL! Ditambah, abis udah ngolesin salep buat bisul itu, aku nempelin plester luka yang warna putih gitu tepat di jerawat jerawatku. Karena malu dan karena dulu aku mikir jerawat kalau terbuka akan semakin parah karena akan ada banyak kuman yang nempel. Tapi ternyata itu sama sekali nggak baik karena pori-pori jadi ketutup alhasil memperparah keadaan. Apalagi baru diketahui kalau kulitku ternyata alergi dengan lem plester putih. Jerawatan di usia anak kelas 6 sd atau anak smp tuh wajar sewajar wajarnya kog. Kalian kan lagi mengalami hormon yang tidak stabil. Kecuali ada yang ngalamin cystic acne yang membutuhkan perawatan dari ahlinya.

Nah, mungkin tanpa aku sadari kebodohanku pas smp itulah yang mengakibatkan parahnya peradangan yang aku alami pas sma. Sebenernya kalau pas smp aku gak macem macemin, 80% aku yakin jerawat abege itu akan hilang ketika sma atau yah paling nggak, mukaku ga buruk-buruk amatlah keadaannya. Ada 1 lagi yang memperparah jerawatku, masih ketika smp. Aku pernah dalam kurun waktu tertentu kerajingan pakai foundation viva. Oh God! Maklum yah duit anak smp ga cukup beli yang mahal dan sekeluarga aku dulu gak ada yang pandai kosmetik n skincare bahkan ga dikasih tau juga jangan pakai foundi. Tiap kali mau keluar rumah karena malu sama jerawat dan kadang ketiduran ga cuci muka. Pernah yang aku inget aku tidur pakai foundi sampai pagi harinya baru cuci muka. Crazyyyy!!! Aku berusaha dengan segala cara buat ngilangin/menyembunyikan jerawat itu semata mata karena minder dan ga punya rasa pede. Because I am kuper dan merasa akan nambah kuper lagi kalau berjerawat(pasti orang ga mau temenan sama cewek jerawatan kayak aku. Mereka bakalan cenderung berteman yang mapan secara finansial, cantik, pandai bergaul, atau pinter). Aku merasa tuh aku ga cantik, ga pinter, ga kaya, ga asik. Nah lho parah bener kan mental aku kala itu. Superduper down!!

Masih kuat baca ? Lanjuuuttt. Haha. Secercah harapan muncul ketika sudah pasrah dengan keadaan berjerawat, akhirnya masa liburan kelulusan sma, aku diajak lagi ke RS Royal Progress untuk berobat disana. Sebelumnya adikku yang cowo juga udah duluan berobat disitu dan jerawatnya berangsur-angsur membaik. Jadi aku pikir, "kenapa engga dicoba aja, seandainya ga sembuh pun yasudah, kan diobatin ga sembuh, ga diobatin juga ga sembuh, sama sajahhh...", dengan perasaan pasrah dan tanpa harapan, aku berobat dan akhirnya sembuhhhhh!!!! (Setelah 2 bulanan) Tapi, kesembuhan itu ga berlangsung lama. Pernah dengan beberapa alasan aku gak beli obat dokter Royal Progress itu lagi dan trial n error berkat rekomen sana sini dan nyobain sabun cuci muka salah satu mlm terkemuka. Mahal lagi harganya. 300rb plus plus. Bukannya sembuh atau sama aja, malah tambah parah. (Selain ga cocok, aku yakin mukaku saat itu memang keliatan sembuh tapi sebenernya belom sembuh total jadi balik jerawatan lagi) Aku mulai purging dan kirain aku bakalan sembuh setelah purging. Nggak! Yang ada tambah parah ajeee.. sigh banget. Setelah itu, aku dibawa ke erha clinic. Lumayan sih ilangan jerawatnya. Tapi selain obatnya banyak, pakainya juga sering, dan yang lebih nyakitin mahalnya itu loh. Ampun. Sekali beli obat(belom komplit, cuma beberapa aja) udah abis 400rb. Ga nyampe sebulan uda ada 3 obat kali yang abis. Nguras kantong banget. Buat yang kuat secara finansial sih gapapa. Pada akhirnya aku dipindah ke Natasha, jauh lebih murah dan obat-obatannya juga sedikit. Lumayan juga ada hasil, jerawat lumayan berkurang. Tapi masalahnya harus sering sering terapi laser birunya itu loh yang katanya bisa mematikan kuman jerawat dan mencegahnya datang kembali. Alhasil aku cuma beli obatnya aja. Tapi emang keras banget nih obat. Mukaku jadi merah kebakar. Lagi lagi aku memutuskan yaudah gausah pake obat apa-apa lagi. Aku stop perawatan di bawah naungan dokter karena trauma lagi.

Setelah kejadian itu, berkali-kali aku sempet trial n error dengan produk yang dijual bebas di pasaran seperti paket jerawatnya sariayu dan menard. Ga ada progressive. Mukaku tetep aja jerawatan. Aku cuma tetep pakai sariayu karena gatau mau pake apalagi buat cuci muka. Karena udah ga tahan dengan keadaan ini, aku putusin aku kembali lagi ke Dokter Rudi RS Royal Progress. Cuma aku ga kontrol dan facial disana. Aku cuma beli obatnya aja karena dulu kan udah pernah kesana dan tau step by stepnya jadi aku bisa tanganin sendiri.  Aku juga facial sendiri secara mandiri. Ahahaha. Btw, jangan diikutin ya. Ini semata mata hanya karena berhemat, udah punya anak, jadi ga etis mikirin muka sendiri terus.

Anyway, pas mulai awal-awal pakai obat dokter ini lagi, aku minum antibiotik siclidon dan beberapa vitamin(A, E, dan Zn atau seng). Tapi perhatian buat yang hamil dan menyusui, ga boleh minum siclidon pas masa itu ya. Konsumsi antibiotik juga harus teratur dan ga boleh dalam kurun waktu yang lama karena akan menghasilkan imune atau kekebalan akan bakteri. Pakai obatnya aja juga mesti konsultasi dulu sama dokternya berbahaya atau nggak buat janin dan bayi. Btw kalau vitamin masih lanjut minum sampe sekarang. Ohya, karena emang dasarnya udah pernah sembuh karena obat dr.Rudi itu, kedua kalinya aku masih diberi kesempatan untuk sembuh. Aku ga henti-henti bilang terima kasih Tuhan. Ketergantungan? Iya kali ya. Menurutku daripada aku beli sabun mahal mendingan aku beli serangkaian obatku aja. Total semuanya cuma IDR 305rb. Ga mahal dibanding si sabun doang IDR 300rb, ga cocok lagih. Haha. Terus ntar kalau sabunnya habis, beli lagi gitu. Sama aja dong semua produk bikin ketergantungan. Sama aja jadinya. =.=' bytheway, dalam kurun waktu sebulan, obat dr. Rudi ini belom habis, sebulan lebih baru 3 obat diantaranya ada yang habis, jadi kira kira sebulan cuma beli 2 sampai 3 macam obat. Jadi misal bulan ini aku beli 2 macam dengan harga 110rb, bulan depannya aku beli 3 macam dengan harga 175rb. Tapi, berita baiknya adalah, kalau uda sembuh, gausa beli krim paginya, jadi pagi aku gausa pakai apapun lagi, tinggal maintenance aja dengan serangkaian krim malam. Great and yeay! Ya, meski obatnya juga bau ga enak sih. Yang penting sembuh!

Kekurangannya, aku ga bisa pakai BB Cream/Foundation/Two Way Cake, apapun itu yang menutup pori-pori karena beberapa hari kemudian langsung beruntusan. Ini mungkin nggak berlaku buat semua orang karena jenis kulit orang berbeda-beda. Ada yang normal dan ada yang sensitif seperti aku. Untuk yang berkulit normal, bersyukurlah kalian karena pakai makeup sering-sering pun paling hanya muncul komedo. Untuk yang berkulit sensitif, tetap bersyukur juga ya. Meskipun nggak bisa makeup cetar ala ala selebgram, tetap percaya diri tampil apa adanya. Jujur sih tampil apa adanya dengan kulit yang nggak photo ready terkadang membuat minder apalagi satu frame dengan teman-teman yang full makeup. Kelihatan beda sendiri. Hehe. Kalau aku terlihat percaya diri di depan social media, sejujurnya aku pun masih belajar buat menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan aku. Dibalik keluh kesah itu, sembuh dari jerawat lebih membahagiakan daripada pakai makeup.

55 comments:

  1. nice info! :D
    tapi itu minum obat gitu pasti aman kah? ga akan knp2 efeknya? >,<

    btw I've followed your blog~ mind to follow back? ^^
    I'm hosting a mini giveaway too :D

    chelchellatte.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman, dear. Tapi jangan salah paham ya, aku ga minum obat jerawat kog. Siclidon yang aku sebutkan diatas itu bukan obat melainkan antibiotik. Hanya untuk menghentikan infeksi aja dan peradangan, jadi bukan untuk memberantas jerawatku, dear. :) selebihnya selain siclidon(antibiotik) aku dikasih vitamin A, vitamin E, dan seng atau Zn. Zn adalah vitamin yg terdapat dalam seafood seperti udang. Tapi kalau obat khusus penghilang jerawat seperti yang dijual bebas aku gatau aman atau nggaknya. Karena yang aku minum bukan obat melainkan antibiotik saja. Untuk menghilangkan jerawatnya itu terkhususkan pada krim topikal aja say. juga pembersihan jerawat oleh suster-suster RS alias pemencetan. Tapi harus betul-betul dilakukan dg prosedur yang benar dan tepat.
      Pastiii. Aku akan followback ya. Makasi banyak say udah mampir.
      I want to join ur giveaway too. Wish me luckbya. :D

      Delete
    2. Acne or Pimple is a BIG Problem that crosses the borders of age, gender, race and social status. Benzac AC is a topical water-based gel wiyh its active ingredient benzoyl peroxide perfect for the treatment of acne. Benzac AC aparts from its acne-treatment counterparts is that it does not contain alcohol and it is fragrance free. Read more at:
      http://kidbuxblog.com/hard-on-acne-soft-on-skin/

      Delete
    3. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno: +62852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya
      UNTUK LENGKAP SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN TOGEL DAN PELARI USAHA

      Delete
  2. keren...!! aku paling masih sisa jadi flek2 hitam gara2 jerawat >,<
    well thx for the info dear.

    btw I've followed your blog hope you will follow back ^^
    chubzlicious.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Semoga flek hitamnya cepat hilang ya, dear. :)
      Sama-sama, seneng banget bisa sharing disini. :D
      Pasti mell, aku akan followback juga. Makasi banyak ya. ^^

      Delete
  3. Ya ampun ci Yani... Masa pake foundi sampai dibawa tiduran -__-"

    Berantas jerawat itu emang susah. Aku juga pernah facial di klinik gitu. Aku merasa sejak facial jerawat, malahan jerawatnya beranak pinak. Sejak facial aku merasa menjadi ketergantungan!Akhirnya aku stop melakukan facial.

    Untungnya lagi sejak kuliah aku mengenal yang namanya forum. Darisana aku bisa baca info tentang jerawat juga. Nah, melalui forum juga aku bisa membuat blog dan menambah temen beauty. Ternyata baca info kecantikan lebih penting.
    Lebih baik kita tahu forum, komunitas kecantikan atau info penting sejak SMP. Apalagi menyangkut masalah jerawat.

    Aku juga memiliki cerita jerawat yang hampir sama dengan cici.
    http://aloha-bebe.blogspot.com/2013/01/cerita-dibalik-skripsi-jerawat-dan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu. Iya nih say. Sakingan capeknya dulu pulang sekolah gitu. Terus ga ngerti akibatnya. Ternyata membuat kulit aku menggila. Ukh. Betul dear. Facial itu bikin ketergantungan. Tapi di dokterku mungkin ga bs disebut facial kali yah, karena kalau facial kan abis dipencetin dimasker segala. Kalau di dokterku murni cuma dipencet aja jerawatnya. Dikeluarin isinya, komedonya dipkeluarin isinya. Bersih banget pengerjaannya. Kadang suster yang pencetin ga bersih, dokternya omelin si suster abis itu si dokternya yg pencetin lagi. Ya ampun sakir luar binasa dipencet dokternya. 2 kali lipat sakitnya. Tega. Haha. Kalau facial di klinik seperti waktu aku di natasha bikin ketergantungan. Nagih kulitnya. Terus aku yakin pencetnya juga ga bersih karena besoknya jerawat ada yang menonjol lagi.

      Betul dear. Itu saran yang bagus bangte. Makasi ya udah sharing juga. :D penting nih buat yang lagi pubertas ikutin saran kamu. Dulu aku katro. Ga ada internet di rumah dan ga tau ada forum. Huhu. Betul kalau soal jerawat penting nih bagi masa depan wajah kita.

      Makasi linknya say. Aku bakal baca nih.
      Thankyou ya uda visit and kasi masukan. It means a lot to me :D

      Delete
  4. ceritanya panjanggggg.. tapi bener itu dibagian kalo jerawat abegenya didiemin mungkin ga heboh. Soalnya aku juga ngalamin yang sama duluuuu.. gegara pada bingung ini anak kok jerawatan banget yak akhirnya SMP aku di facial donk sama mamakku terus makin gelok deh tuh jerawat. Pas jaman kuliah udah kenal skin care n udah mampu beli skincare sendiri tapi teteup aja ga baik baik amat akhirnya setelah married dan punya anak baru deh membaik gegara rajin konsumsi green juice (dulu tuh aku ga doyan sayur n buah sama sekali) pantes aja jerawat pada nempel hahahaha..
    Semangat yak mari kita perangi yang namanya jerawattttt

    ReplyDelete
  5. Hai kak Sanny. :) wah thankyou kak Sanny udah dateng kesini n comment. Hehe. Aku soalnya suka lihat makeup-makeup kk yang rapi n unik nan kreatif itu. Hehe.

    Panjang bangetttt kak. Udah dipenggal penggal teteppp aja puanjang nian. Rasanya kalau ga cerita semua ga enank. Hehe.
    Betul kak, pelajarn berharga banget ya. Nanti kelak anak kita udah remaja dan mengalami jerawat, kita pasti bisa bantu mengatasinya supaya ga mengalami seperti yang mamak-makanya alami. wah mau dong contoh minum green juicenya. Kasih tau resep juicenya ya kak. :) fightttt!!!! Perangi musuh bebuyutan kitaaaaaa, jerawat musnahlah kau... fiuhhh. ^^

    ReplyDelete
  6. nit, aku malah jaman sekolah ga pernah jerawatan, paling jerawat 1-2 biji itu pun lgsg ilang..biasalah PMS, tp ak ga terlalu yg heboh nih jerawat satu ngilanginnya gimana..wkwk cuek2 aja pake sabun muka ponds yg pink sama moisturizernya haha Puji Tuhan deh cocok, jerawatnya ga lama paling nongol mentok 3 hari uda kempes, n bekasnya ilang..suerr dulu muka jaman sekolah mulus gila deh, smp temen2 doain ak buat jerawatan!paraahh wkwk
    nah waktu awal kuliah ak kn hidupnya di kota tuh yg panasnya super gila, item! pengen putih, coba-cobi produk pemutih gaje gitu lah, ehh pas ak tau itu produk ada mercurynya trs ak berhenti, omaygoodddd..nih muka penuh bgd jerawat gede2, merah n mengerikan banget pokokknya..sampai ak ke dokter sama tuh kyk km di pencet trs di suntik, hiksss makin ganas kn jerawatnya..huhuw sampai disitu ak coba lepas tuh obat dokter, ga lama sih pake obat dokter cuma 3 bln aja trs ak ga kesana lg, males bgd ga ada hasil n mehil untuk anak kuliahan.. trs ak baca2 femail daily forum, coba segala macam skincare, sampai akhirnya skrg ak pake laneige aja, jerawatnya ak cuekin.. ilang sndiri, ga perlu di apa2in deh, abis itu ga ngerti caranya gimana ngilangin nih bekas, sampai akhirnya ak coba history of whoo, biar kata di whoo untuk org diatas 25thn tp ak nekat aja deh.. cocok beneran aku uda 2thn pake whoo buat ngilangin jerawat.. uda ga ada nih bekasnya, dikit sih tp klu ditutup pake bb cream uda ga keliatanlah.. xixixi
    yg penting telaten aja lah ya dikir2 jd bukit, nnt pasti cling mukanya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Dewie. :) wah thankyou banget buat sharingnya. Iya bener tuh wie. Nyembuhin jerawat ga akan pernah bisa instan. Mesti ada pengorbanan entah waktu entah dompet, udah gitu mestivtelaten dan sabar bukan main. Kamu asik banget bisa melewati masa smp sma tanpa jerawat. Huhu. Aku ga eksis nih gara gara jerawat dulu pas masa sekolah. Karenanya aku suer down banget kala itu. Bersyukur sekarang semhuh. Boleh wie disharing ke temen-temen di blogmu. Karena banyak juga yang ga setuju untuk berobat ke dokter seperti yang aku lakukan. Pasti mereka akan pikir ketergantungan kan. Nah, sharing kamu berguna untuk temen-temen yang ga mau berobat ke dokter. Maunya beli obat bebas aja. Jadi mereka tau deh produk umum apa yang ampuh. Hehe. Makasih sekali lagi ya wie. Hidup kulit sehattttt!!!!!!

      Delete
  7. yaaampuunn ce, trnyata perna separah ituuu?? skarang cantik mlus gitu, hadehhh....jerawat emang gila banget. kalo aku bkn itu problemnya ce, tapi jerawat kecil yg kaya batu gtu, ga bisa keluar sndiri.. aku bete banget msti keluarin di tmpat facial gitu kan... mana ak perna trauma facial juga, soalnya pori2 jadi segede2 perahu huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dear, pernah separah itu. Suer jelek banget aku. Huhu. Breakout parah itu aku alami dari tahun 2006 sampai 2012 kemarin. Ya ampun, say, aku mau makeupan aja kan megang muka dong ya pasti. Aku geli banget. Huhu. Makanya jerawat tuh gila banget yak merusak fisik and psikis. Wah, bener tuh dear. Kalau facial yang ada sakitttt. Huhu. Berbekas banyak juga. Bekasnya lubang-lubang kan say. Aku juga nih. Bekasnya banyak lobang-lobang tapi kecil-kecil karena jerawatku kecil-kecil. Tapi kamu kelihatan mulus, dear. :D
      Bythewat thankyou ya uda visit and comment. It means a lot to me, gita. Mariiii kita perangi jerawat bersama-samaaaa. ^^

      Delete
  8. Nice posttt!!!!
    Aku sama kayak Dewie tuh. Waktu sd, smp sampe smk gak pernah jerawatan. Pas kuliah pindah jakarta jadi mulai jerawatan apalagi temen kuliah nawarin pake perawatan dokter biar bs kinclong tapi ehhhh malah itu jadi awal mulanya sebabnya T_T
    Dan sampe sekarang masih berjuang. Aku pernah sembuh wktu di natasha, kulit licin, bekas jerawat yg bolong2 ilang, aku rajin banget facial, mikro dan peeling. Setelah berhentiiii jerawat keluar lebih banyak dari sebelum aku ke natasha T_T (aduh ga ngomongin merk atau nama kok kurang afdol ya. Gpp ya hahaha)

    Sekarang aku bener2 taku sama obat dokter hahaha.
    Good job sai ^_^

    gratefulbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Kornelia. :) wah, seenggaknya kamu melewatkan masa remaja dengan bahagia bebas jerawat, say. Ga kayak aku, rasa kepercayaan diriku pudar dari dulu sampai sekarang pun masih kambuh gak pedenya. Hahaha. Hemm, bener tuh, Kornel, kalau obat Natasha aku rasa kandungannya tuh keras banget deh. Waktu pakai obat mereka mukaku rasa kebakar, merah-merah, ngelupas dahsyat, jerawatnya masih tetep ada biar lebih sedikit berkurang. Gapapa ya kita sebut merek kan kita ga jelek-jelekin. Hihi. nah, biasa cewek kayak kita gini yang pernah terkecewakan dengan obat dokter jadi trauma dan males banget betobat ke dokter lain lagi. Males buat trial N error. Males buat buang uang. haha. Aku juga ke dr.Rudy itu awalnya pasrah, nel. Ga ada pikiran bakal sembuh. Pasrah banget. Tapi ternyata cocok. Jadi ga pindah kelain hati. Hahaha.
      Makasih ya, kornel udah sharing and visiting.
      Keep blogging ya.

      Delete
  9. Sis kalau dosis minum antibiotik siclidon gimana? terus vitamin a sama e suka minum apa? Thank you sissy nice post :)

    ReplyDelete
  10. Haloo dear. Thankyou yah dah reading blogku. Hhe. Dosis yg dokter aku kasih waktu itu siclidonnya sehari sekali aja, tapi kalau dalam keadaan pregnant jangan dulu yah. Hihi. Nah untuk jangka waktu berapa lamanya tergantung keparahannya. Aku waktu itu minum kurang lebih 1 bulan, kadang kebanyakan 1minggu aja cukup. Gak boleh lama-lama. Karena kalau lama-lama malah bikin bakteri kebal(imun). Vitamin a yang aku makan vitamin a dosis 20.000si warna tablet orange, dan vitamin e yang aku konsumsi merek santa E. Masing-masing untuk vitamin 2x sehari dosisnya. Sorry yah untuk late reply. Hehe. Semoga jawabanku membantu. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups sorry ya Loveinna, aku salah ketik emoticon, harusnya emote smile :) bukan :( hehehe

      Delete
  11. say,aku lg mo k dr rudi,kamu ud brp lama pake krim2 nya? musti pake trs ya,gaboleh putus walo muka ud bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempet pakai 6 bulanan trs stop and jerawatan lagi. 2 thaun kemudian, aku balik lg pakai obat dr rudi. Skrg aku udah pakai hampir 9 bulanan dan kondisi mukaku oke, mulus, dear. Tapi aku denger sih ga boleh langsung putus gitu. Beberapa teman n sodaraku, bahkan aku juga pengalaman, pakai dr rudi juga pas muka udah bagus n stop apalagi pakai produk lain, wah jerawatan lagi. Aku sering tanya cici yg jual obatnya di rs royal progress, klo muka udah bagus palingan stop pakai rangkaian krem pagi aja tapi rangkaian krem malemnya tetep mesti lanjut entah sampai kapan. Itu slh satu kelemahan obat dokter say. Aku sampai skrg belom berani stop soalnya masih muncul jerawat sedikit, ga gitu terlihat dn paling 1-2 juga ukurannya keciiil banget. Cuma aku putus asa sih mau diapain lagi mukanya biar sembuh, krn ga pakai obat dokter jerawatan parah dn meradang, aku pikir lebih baik sembuh meski hrs repot pakai obat tiap hari , pagi n malem. Setauku ga bs putus gitu aja dear. Semoga membantu ya.

      Delete
  12. iya nih takut ketergantungan tp klo ga diobatin tambah parah... thanks yah infonya bantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul say, kalau ga diobatin, gitu-gitu aja ya muka kita, kalau pertimbangan dari aku sih, aku mending mulus deh tapi rutin berobat drpd jerawatan terus, stress and cobain produk ini itu. Hehe. Sama-sama dear. Makasi banyak udah baca-baca blogku. ^^

      Delete
  13. gue cowok boleh ngikut coment dong.... masalah kulit wajah ga cewek ga cowok sama aja iya kan? gue jg dari smp dah jerawatan , segala macam obat jerawat di iklan2 dah dicoba tapi hasilnya nihil, dan yg parahnya lg gue ngikutin tmn gue pake cairan hidroquinon yg terkenal itu, emang sih sembuh muka nih bersih mulus tapi setelah tau berbahaya. 1 bulan pake langsung berhenti. tau apa yg terjadi? selang sebulan muka kembali ke awal malah lebih parah, hitam, kusam komedo dimana2 bukan hanya dihidung, berminyak, jerawat, flek hitam, pori2 besar, tekstur kulit ga kenyal cenderung kendur, pokoknya suber duper malapetaka deh. gue coba lagi pake produk2 yg di iklankan di tv (tetep jadi korban iklan )tapi hasinya kulit muka tetep rusak. gue putus asa, down (untungnya gue gak jelek2 amat, cuma kulit aja yg rusak jadi masih tertolong lah hehe ) akhirnya karena keterbatasan pengetahuan jadi gue biarin aja masalah kulit gue seperti itu sampai usia gue skrng 30 taun. nah beberapa waktu lalu gue iseng2 cari di mbah google soal masalah kulit muka dan jreng bnyk nampil skin care2 kecantikan gitu, dan gue langsung tunjuk natasha skin care tuk jadi tujuan gue coba kembali nyembuhin muka, walaupun bnyk tread yg bilang natasha ketergantungan and lain lainnya bagi gue ga masalah, kalau gue harus kinclong bergantung ke obat atau cream its oke dari pada terus2 gini., ada yg setuju ga? nah maka jadilah gue brngkt ke natasha, setelah konsul dapat cream ini itu lalu facial+mesotherapy habis duit gue 1.1 jeti. gue ga kaget ataupun nyesel karena masalah kulit muka gue juga gak main2. kenapa gue pilih natasha alasannya karena ga terlalu jauh dari rumah gue ( gue di batam pemirsa ) . soal ini itu urusan nanti yg penting sekarang pengen kulit muka gue bagus. sehari setelah perawatan baru sedikit ada titik ke arah perbaikan, tapi bagi gue itu sudah buat gue seneng dan tumbuh lg harapan kulit muka gue bisa bagus. tuk kalian semua doain gue biar bs menyelesaikan masalah kulit muka gue yg bertahun2 betah membuat gue sutttteeeeerReeeessssss. setelah seminggu gue rawat nih muka ntar gue kasih tau lg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, tentu boleh dong komennya, :) thankyou for reading this post ya. Masalah kulit cewe sama cowo sama aj kog. ^^ thanks for sharing. Siapa tau bisa ngebantu orang2 yg lagi kesusahan juga sama jerawat. Kebetulan kalau Natasha lebih mudah dicari di kota-kota lain selain Jakarta, jadi lebih umum dan teman2 di kota lain juga bisa berobat ya. Setuju, daripada kulit muka rusak ga keruan mendingan berobat aja. Menurutku toh sama aja.. kalau kita cocok pakai ponds, apa kita nggak bakalab beli ponds terus2an, ketergantungan dong namanya ? Kalau sudah cocok 1 produk buat apa coba yg lain..at least ya memang klo pakai obat dokter ga bisa sembarang berenti, pakai produk apapun saya rasa sama ya, karena klo belum betul2 tuntas yang ada kambuh lagi. Natasha menurut saya cukup bagus juga, karena waktu saya pakai itu muka jadi lumayan bersih, harganya terjangkau pula, tapi saya jarang terapi sinar laser birunya. Jadi kurang maksimal. Karena itu saya memutuskan untuk kembali ke dokter lama saya yg sudah berhasil menyembuhkan jerawat saya.pasti bisa banget kulit kamu balik ke normal, asal rajin dan sabar. Semangat dn get well soon ya buat kulitnya. Thankyou buat sharingnya. Silakan di sahre lagi jika ada perkembangan. Supaya teman2 lainnya bisa baca dan terinspirasi. Terimakasih.

      Delete
  14. ahhh keren postingannya, asik bacanya ga ngebosenin walau panjang >.<
    iya banget, kl lagi jerawatan emang parah banget mentalnya :( aku juga diresepin dokterku siclidon. denger-denger katanya siclidon ini antibiotik pembunuh bakteri jerawat ya, semoga sembuh deh :")

    ceritadwi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dwi Maharani,

      Thankyou ya buat apresiasinya. Hehe. Seneng deh kalau kamu enjoy bacanya. ^^ Betul, aku jadi ga pedean, bener2 minder banget pas jerawatan sampe nggak fokus sama kelebihan yang ada di diri kita karena terlalu sibuk ngurusin jerawat. >.<
      Iya, dear, siclidon ini buat mempercepat penyembuhan radang, jadi jerawatnya cepet kering dan ga memperparah deh. :D
      Thankyou yaa.. Kamu juga cepet sembuh. :)

      Delete
  15. Keren ni forumnya.. hehee
    Oiya btw ak cowo.. boleh dong sharing pengalaman juga :D
    Aku jerawatan ni mulai kelas 3 smk.. waktu dlu masih smp sumpah mukaku mulus bgt g pernah ada jerawat yg mau deket satupun.. tapi semenjak smk itu
    Satu persatu dah yg namanya jerawat sialan mulai nempel.. sampe akhirnya aku mulai panik.. ak d suruh ibuku ke dokter..
    Tapi bingung mau k dokter trus juga malu. Masa cowo k dokter gara" jerawat.. wkwkwk ( pikirku dulu sih gitu )
    Setelah berobat k dokter ar***r selama 2 bulan.. jerawat mulai hilang.. tapi entah kenapa setelah itu ak g pernah beli dan balik ksana lagi..
    Langsung deh jerawat makin parah penuh seluruh muka..
    Merah semua pada meradang tuuh
    Panik lah sepaniknya kau !! Wkwkwk
    Mulai saat itu.. aku yg dulu paling doyan keluyuran jalan ksana kemari.. jadi anak kuper dah.. drumah mulu .. melungker di kamar.. sudah macam keong hahaha


    Lanjutt... karena aku merasa g cocok d dokter ar***t aku pindah salah satu klinik..
    Setelah pemakaian 3 bulan aku ngerasa g ada perubahan sama jerawat.. yg ada muka cuma malah tambah putih..
    Akhirnya mulai putus asa.. pasrah aja sama yg d atas g pernah pake apa" lagi sampe sekarang.. dan itu sudah berjalan hampir 5 tahun
    Dan sampe sekarang masih jerawatan nih..

    Oiya aku g sama kayak kalian cewe" yg bisa k dokter setiap bulan.. atau rutin pake obat..

    Soalnya aku kerja jauh dari kota.. y tepatnya di tengah hutan hehehe
    Terus tiap hari bener" kerja d bawah matahati bejemur.. jadi klo pake krim" gitu aku rasa g mempan.. baru pake sebentar udah luntur sama keringat..

    Kira" ada saran nggak ya buatku
    Tnks y sbelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thankyou ya sudah baca postingan saya. :) Boleh bgt dishare pengalamannya biar temen-temen lainnya juga bisa baca pengalaman kamu. ^^ Kayaknya kalau jerawat menahun berarti ada yang perlu untuk diperbaiki dari wajah kamu, seperti minum obat antibioti, vitamin, dsb.. dan kalau mau cepet sembuh pastinya ke dokyer kulit solusi paling cepet(dan lumayan nguras kantong). Abis itu emang kendalanya mesti rajin kontrol ya, apalagi awal2.. Sebetulnya sih bisa diatur, misalnya kalau mulI kerja jam 8 pagi, kamu bisa pakai obatnya dari jem 5 pagi misalnya. Rata2 obat akan maksimal menyerap di kulit setelah sekitar 2 jam. Kalau sudah menyerap kena keringat pun ga akan berkurang efektifitasnya. Kalau memang nggak bisa ke dokter, mungkin bisa pakai sabun muka yg dijual umum, saya sih juga ga bisa rekomen produk anu karena kondisi kulit setiap org berbeda, cuma yg umum dan harganya murmer, produk rangakaian perawatan kulit berjerawat dari sariayu. Selain itu mulai dibantu aja dari pola makan, olahraga, minum air putih, dN konsumsi vitamin, juga nggak tidur larut. Pasti kulit jadi lebih bersih, meskipin belum tentu jadi mulus2 amat. Hehe. Soalnya kan jerawat juga dipicu hormon, tapi seenggaknya nggak jadi parah2 amat. :) semoga membantu ya saran saya. Bingung juga kasih saran soalnya beneran juga bukan pakar. Hehe.

      Delete
  16. wkwk mirip banget sama kisahku, semoga cepet sembuh buat semua yg lagi berjuang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou. :) yup, temen-temen yang masih jerawatan jangan nyerah!!! Masih ada harapan untuk sembuh! XD

      Delete
  17. jerawat batu untuk ngilanginya ada perawatan alami ada kok

    ReplyDelete
  18. wah info bagus tuh, tapi kalau sebelum tumbuh jerawat pasti ada faktor penyebab jerawat

    ReplyDelete
  19. sudah tau manfaat strowberry untuk kecantikan ? yuuks intip apa manfaat strowberry

    ReplyDelete
  20. bisa jadi karena salah pakai kosmetik ya :3

    ReplyDelete
  21. haduh yang namanya bekas jerawat susah banget di ilanginya, tapi kalau udah tau faktor penyebabnya pasti enggak bakal timbul tuh :D

    ReplyDelete
  22. Ah iya ini kulit aku berminyak jadinya jerawatan :3

    ReplyDelete
  23. kalau aku sih biasa pakai kayu cendana buat ngilangin jerawat :)

    ReplyDelete
  24. Hai aku vee.. aku mau share pngalaman ak pakai cream dr natasha skin care.. aku pakai natasha kurang lebih 6 bulan, awal pakai langsung bagus dn wajah jadi cerah juga halus tapi jd banyak komedo.. dlu ak rajin pkai cream stiap hari, tp lama kelamaan aku tdk pakai stiap hari, dua hr sekali atau 3 hr sekali tapi wajah jadi gatal2 dan ada bintik2 merah seperti calon jerawat stiap kali gapakai cream.. akhirny aku sadar kalau cream itu bkin ketergantungan, ak jg konsultasi dngn dokter kulit yg merupakan ex dokter natasha skin care dan dia blg cream dr natasha itu bahaya bs buat ketergantungan karena dosis yg dimasukan k dlm cream natasha itu berlebihan drpd yg sharusnya shingga pakai cream itu 1mg sajah suda bagus..
    Akhirny ak putusin brenti pake natasha, tp trnyata muka aku jadi gatal2 merah2 perih dan timbul calon2 jerawat , muka ku jg jadi kusam tidak secerah biasanya.. sedih bngt pdhal muka ku sblm pakai natasha ga jrawatan dn uda 2mg belom sembuh.. kta kbnykan org ini adalah konsekuensi berenti dr produk natasha.. huhuuu aku nyesel bngt pake produk natasha, aku sih sarankan berhenti, tapi kalau sudha merasa cocok sm natasha yah gpp dipakai juga tapi jgn pakai cream ny tiap hari , harus ada jarak nya biar muka jg istirahat :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vee. Salam kenal ya. ;) Thankyou banget buat sharingnya. Berguna banget! Apalagi buat temen-temen yang lagi nyari obat jerawat yang tepat buat wajahnya ya. Waktu aku pakai Natasha juga oke sih, jerawat lumayan sembuh. Tapi kalau mau maksimal emang mesti treatment ini itu. Kayak sinar birunya, facial, dsb. Sayangnya aku juga ada cukup budget kesitu. huhu. Jadi cari alternatif lain yang lebih hemat deh. Hehe. Wajahku agak sensi jadi kalau pakai cream Natasha mukaku perih dan merah mirip kepiting rebus.>.< hihi. Mungkin ga cocok ya buat wajahku...Thankyou buat sarannya Vee. Semoga wajahmu cepat sembuh ya dan tambah cantik kulitnya. :D

      Delete
  25. Hai...ikt nimbrung yah..kayanya asikk bgt nih ngbrol2 sama orng2 yg snasib sama aq..hahaha..y ni lah..msuh plig msuh ddnia siapa lg kl bkn jerewwiiiiiii...sama aq jg korbn skincare klinik kcntikn gt.aq pke skincare klinik SONIA.aq 4thn loh pke tuh skincare bygin aja lamany tuh cream dmuka aq brtmpuk2.emng awlny nih cream bkin purging trs dgn rlatif sgkt dlm wkt smnggu aja muka dh ptih cerah.prlhn2 tuh jrwt pd ilang pdhl aneh jg yah..ni kn cream mlm ko bs jrwt ikt ilang.sdgkn obt jrwt kn bkn sprt tu.aq prnh nglamin muka kinclong ky orng korea tuh sama cream dokter klnik SONIA.Tp bnr loh ni cream ktrgntungn.shri 2 hri gk pke muka kusem klwr jrwt.trnyt stlh bnyk review dgoogle emng bnr ni cream bhya.wlwpn ktany aman.skrng gk logis aja.klo aman ko gk bleh bwt bumil.dstu aq niat brnti.krn aq mkir jgka pnjg klo aq nnti hmil pgn cntik jg.tau gak sih alhsil mukaku breakout brnti dr cream itu.jrwt brntus...komedo..muka ky kilang mnyak mncul dwjh.dn lbh prah sblm aq pk ni cream.amit2 kpok deh pke skincare bgtu.skrng aq lg pk yg alami2.pk produk2 the faceshop.wlwlpn gak sinstant skincare dokter..tp hsil dr yg alami gk bkin efek smping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dewiii. Salam kenal ya. Maaf banget baru ada kesempatan balas. Iyaaa. seneng banget ketemu teman senasib n bisa ngobrol. Hehe. Saling berbagi pengalaman ya, seru! Wah, krimnya ampuh banget ya. Tapi terlalu ampuh jadi cenderung bahay bikin ketergantungan. Kalau obat dokterku sih nggak begitu keras karena amasih butuh proses sampe 2 bulan dikombinasi antibiotik obat minum sama vitamin-vitamin plus ekstraksi komedo. Wah klo pas hamil nggak boleh berarti mengandung accutane yang cukup keras ya. Benerrr...Itu dia yang aku pikirin pas lagi hamil kemarin. Tapi untungnya krim dokterku aman untuk bumil. Aku juga pengen suatu hari bisa mulus tanpa obat dokter. Mau pakai yang natural-natural aja. Kalau bisa dibilang ini harapan terbesar aku deh. Hahaha. Setuju sama pendapat kamu, Dewi. ;) Thankyou buat sharingnya ya. Jangan bosen-boseen mampir ke blogku ya. :)

      Delete
  26. Kisahnya hampir sama dg saya. Saya juga masih berjuang, cuma sekarang lebih milih bahan" alami. Semoga yg jerawatan cepat sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo yang jerawatan jangan nyerah. Suatu hari pasti sembuhhh!!!!

      Delete
  27. Hai cici.. Nama obat yg cc pake apa?? Boleh titip beli ke cc gk?? Tipe kulitku sama kyk cc soalnya kisahnya jga mirip kyk kisah aku.. Senasip cii :'( minta kontak line cci boleh?? Pliss bales ya cii.. I need your help :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nathania. :) Obat yg aku pakai macem2 dr dokternya. Ada krim pagi, malem, hcl, larutan pembersih, sama facial foam. Kalau menurut aku, lebih baik kamu konsultasi ke dokternya dulu dear karena tiap org lain2 obatnya. Basic sih biasanya sama. Yg lain2 biasanya obat minum plus antibiotiknya, kalau cuma pakai obat topikal biasanya ga keliatan sembuhnya. Kalau obat topikal mungkin bisa nitip tp klo obat minum oastinya mesti pakai resep dokter say. :) Saranku, coba dateng ke dokternya aja, Dr, Rudi Suhendra di Rs Royal Progress, Sunter. Kalau Nathania mau chat aku boleh banget langsung add line aku, Yanitasya yaa atau add by hp 089630320230. ^^ feel free to ask dear.

      Delete
  28. bisa ga ilangin jerawat dalam 1 hari?

    suka nonton film tapi males download? streaming cantik disini

    ReplyDelete
  29. Mau cerita juga. Jadi saya jerawat karena hormonal, jadi harus terima nasib perawatan kulit terus. Saya pakai obat dari LBC, krim malam&pagi ditambah facial washnya (soalnya obat dan facial wash di pasaran ga ada yang cocok). Untuk obatnya dan facial wash kira2 150. Terus treatment tiap 6 bulan sekali untuk di chemical peeling biar muka bersih dari flek dan bekas luka jerawat (note:luka jerawat/acne scar bisa pudar, bukan hilang yah, pakai treatment chemical peeling.kalau sudah ga ada jerawat dan sisa acne scar baru bisa ke tindakan dermaroll yang sekitar > 2.5jt sudah paket 5 kali treatment tapi blm sama krim macem2) untuk chemical peeling saya habis kuranglebih 500. Down timenya sekitar seminggu, karena kulit mengelupas secara perlahan selama seminggu dan jangan di tarik kulit yg lagi mengelupas, karena kalau dipaksa mengelupas jadi meninggalkan luka dan jadi flek hitam.

    Buat temen2 yg jerawatnya masih inflamasi/meradang atau yang ada jerawat, jangan pernah pakai facial wash yg scrub, karena itu bikin jerawat tambah meradang.untuk cuci mukanya pakai facial wash yang cocok sama kulit kamu dan Pakai air hangat untuk membuka pori2 baru di pakai krimnya.

    Biar cepet kempes dan hilang jerawatnya, dibantu sama antibiotik, bisa doxyxycline atau siclidon. Dosisnya sehari sekali dan maksimal lama pengonsumsian satu bulan atau kurang, ditambah asthin force dan seloxy AA (ini dua2nya vitamin, jadi ga ada efek samping
    Dosisnya sehari satu). Jadi total dalam sehari makan tiga tablet. Setelah sebulan nanti keliatan hasilnya, muka jadi cerah bibir agak merah dan kalau sekalipun ada jerawat, itu kecil banget dan cuma satu atau dua aja yg white head. Kemerahan bekas jerawat juga ilang. Itu sih efek yang saya liat selama saya pakai cara itu.

    Kalau kamu jerawat hormonal, yah akhirnya memang kamu harus bergantung ke obat dokter. Angap aja ini jadi salah satu kebutuhan kaya kamu butuh sabun untuk mandi. Dan memang kamu harus mengeluarkan budget terus sampai entah kapan slesainya kusus untuk perawatan kulit.

    ReplyDelete
  30. hallo ka,, seneng banget ngeliat mukanya udah mulus
    aku baru mau nyoba ke dr.rudy pas aku googling banyak yg bilang kalo dokter ini emang bagus buat mulusin muka tp creamnya bikin muka berminyak apalagi pas baru bangun tidur emang bener ya ka?
    trus aku dulu pernah ke dr.erna yg dipulo mas awal pemakaian bagus tuh bikin muka putih tp ga lama aku jadi jerawatan dan disuruh facial jerawat lah sama si dokter karna aku dulu masih pemula dlm menghadapi jerawat ya aku nurut aja. setiap bulan konsul masih ada jerawat dan disuruh facial lagi tp lama kelamaan kok aku ngerasa ga ada perubahan malah muka aku makin parah jadi bolong2 gitu karna sering di pencetin dan pori2 aku juga makin gede, stress banget ngeliat muka yg jadi ancur kaya gini.
    akhirnya aku putusin berenti trus nyoba ke jesper pertama kali dateng aku dikasih obat minum plus cream pagi sama malam 1 bulan pemakaian bikin muka putih dan jerawat aku mulai hilang tp kok pas bulan ke 2&3 muka aku makin parah malah jadi bruntusan banyak banget di pipi kanan kiri huwaaaaaa😭😭
    makin down banget kalo ngaca ngeliat muka sendiri udah kaya ngeliat hantu hiks hiks.
    ka aku mau nanya kira kira kalo jenis bruntusan kaya aku itu kalo di dr.rudy bagusan di peeling atau gimana ya?? apa coba pakai obatnya dulu? soalnya muka aku jadi kaya jalanan blom di aspal gradakan bangettt.
    sama mau nanya itu kaka dipencetin sama dokternya ga ninggalin bekas bolong2?
    thanks buat sharing pengalamannya, salam kenal......

    ReplyDelete
  31. Artikel yang bagus. Bisa saya tambahkan dengan mengunjungi http://www.jerawatan.id/2016/05/23-cara-menghilangkan-jerawat-kecil-kecil-secara-alami-dengan-cepat.html?m=1

    ReplyDelete
  32. wah nice informasinya bermanfaat banget, jerawatku dulu parah banget sampe ak ketemu produk yang top saran dari temen akhirnya jerawat aku ilang. Nih foto jerawatnya :3

    ReplyDelete
  33. Terima Kasih banyak atas sarannya, saya akan tunggu lagi informasi menarik lainnya
    salam
    Nu Amoorea Stem cell
    Nu Amoorea Beauty Plus Bar

    ReplyDelete
  34. Terima kasih banyak atas informasinya saya akan tunggu informasi-informasi menarik lainnya
    salam saya
    Nu Amoorea StemCell
    Nu Amoorea Miracle Clay Bar
    Nu Amoorea StemCell

    ReplyDelete