Tips & Trick : Capture From The Top

Hallo everyone~

Topik yang berbeda dari jalur beauty tapi berhubungan sama dunia perbeauty blogger-an, kali ini aku pengen kasih tip and trick yang biasa aku pakai untuk foto-foto produk di blog aku. Aku membuat post ini karena terinspirasi oleh blogger favoritku, My Lovely Sister. Makasih ya ci Ai Nie dan Eve, blog kalian inspiratif sekali!

Foto-foto aku memang bukan dengan cara yang profesional aka amatiran, tapi semoga membantu dan bisa diterima oleh teman-teman semua. :) Kalau ada kritik dan saran, boleh langsung kasih komentar di bagian bawah postingan ya.

Belakangan ini aku suka banget foto-foto produk dari atas. Ga semua produk sebetulnya terlihat bagus difoto dengan angle ini. Tapi ga perlu jago foto pun, kita pasti bisa feeling mana produk yang lebih cocok di foto dari atas, mana yang nggak. Hehe. Kadang, kalau lagi nggak ada kerjaan review produk, aku suka juga bikin foto iseng buat masukin ke instagram. Seperti contoh hasil foto aku di bawah ini.


Tapi yang sekarang akan aku bahas di blog post kali ini adalah foto untuk produk saja. Ada beberapa hal penting yang biasanya aku lakukan untuk foto produk dari atas dan semuanya siapa saja bisa lakukan karena simpel dan amatiran. Anyway, ga harus pakai dslr atau kamera mirrorless lho. Kamu bisa mencoba foto-foto dengan tips ini pakai kamera smartphone-mu seperti iPhone atau OPPO. Enjoy reading ya!

1. Pemilihan Background

Aku menyarankan untuk memakai plain background. Maksudnya plain disini adalah soal kombinasi warna. Kalau tekstur aku rasa nggak masalah. Bisa dilihat pada foto di bawah ini. Perbandingan antara foto produk dengan background yang ramai dengan background plain.


Background yang banyak corak bikin foto jadi distract/mengganggu ya. Background plain bikin produk lebih jelas. Terkecuali background dengan corak yang berwarna pastel, soft dan sederhana misalnya polkadot atau bunga-bunga kecil. Pasti nggak akan mengganggu kejelasan foto.

Background yang paling sering aku pakai untuk foto:

- Meja Putih


Meja ini adalah still life table milik suamiku. Aku sering banget numpang foto disini karena lekukan diatas meja ini berguna untuk memantulkan cahaya flash external kameraku. Foto diatas background warna putih bikin hasil foto clear dan sederhana.

Tips:
Meja still life bisa juga diganti dengan meja putih biasa lalu jika kamu pakai flash, pantulkan cahaya flashnya ke tembok putih atau kertas HVS putih yang ditempel di tembok.

- Peti Rotan


Background dengan bahan dasar kayu memiliki tekstur yang unik. Dengan background ini, properti serta produk yang kelihatannya biasa-biasa saja akan terlihat lebih menarik.

Tips:
Bisa diganti dengan bangku kayu, meja kayu, atau bisa juga pakai papan kayu bekas. Bakalan lebih bagus lagi papan kayu tekstur kasar. Boleh dicat dengan warna putih/biru kehijauan supaya dapet hasil foto shabby. Cocok untuk foto dengan tema nature dan shabby.

- Bedcover Putih


Akhir-akhir ini aku sangat sering foto-foto diatas bedcover karena tekstur bedcover sendiri sudah menarik. Tinggal ditambahkan properti yang mendukung maka foto kita bakalan kelihatan keren dan beda.

Tips : Bisa diganti dengan taplak meja warna putih atau seprei putih lalu diacak-acak sedikit supaya teksturnya jadi kayak bedcover. Lalu letakkan kain diatas kasur supaya kain kelihatan empuk. Pas banget untuk dapetin hasil foto yang bertema homey dan cozy.

2. Memilih Properti Foto

Pemilihan properti untuk menemani produk sbisa mempengaruhi banget. Kalau nggak tepat bisa bikin kita jadi salah fokus. Yang seharusnya produk itu yang jadi point of interest kita, eh malah properti itu yang mencuri perhatian kita. Aku biasanya menentukan dulu tema yang sesuai dengan produk yang mau difoto setelah itu baru mencari properti yang sesuai dengan produk.

Misalnya aku mau foto eyeshadow ini.

 

Tema untuk produk ini, aku maunya yang Princessy gitu. Foto didominasi sama warna putih dan clear. Jadi aku tambahin bunga-bunga rose plastik warna putih dan tali mutiara kecil warna putih juga karena senada dengan packaging eyeshadownya yang berwarna dasar putih dan berhiaskan mutiara kecil di pinggirnya.


Kalau digabungin sama produknya, jadinya begini...


Produk jadi terlihat lebih menarik ya :)

3. Mengatur Letak Produk dan Properti/ Komposisi

Tips dari aku, biar gampang nentuin letak barang-barang ini, aku menentukan foto yang aku bikin nanti mau potrait atau landscape.


Terkadang aku juga suka bikin foto dengan bentuk persegi empat(4x4) supaya pas dengan ukuran foto untuk Instagram karena aku pasti upload hasil foto produk itu untuk keperluan news update blog post.

Setelah menentukan mau bentuk seperti apa, aku membayangkan komposisi foto. Seringkali aku memakai teknik framing. Teknik ini berguna untuk mengarahkan perhatian dan lebih memfokuskan pandangan kita ke produk yang mau kita tonjolkan. Contohnya seperti ini :
Aku menggunakan buku sebagai frame di bagian kiri atas foto dan cangkir teh sebagai frame di bagian kanan atas foto untuk memfokuskan pandangan ke package warna cokelat tersebut.

Contoh lainnya :


Aku memakai bedcover untuk menjadi frame di bgaian kiri foto dan topi di bagian atas foto, serta tas di bagian kanan foto. Gunanya untuk memusatkan pandangan ke produk yang mau aku tonjolkan.

Di kedua foto ini ada kesamaan yaitu, teknik framing ini menggunakan benda dan benda itu kita atur di bagian pinggir foto. Dan yang paling penting adalah benda yang bertugas jadi frame hanya difoto setengah atau kurang supaya tidak mengambil porsi terlalu besar yang dapat mengakibatkan produk yang mau kita foto malah terlihat nggak menonjol.

Ohya, ternyata nggak semua produk cocok dengan semua versi bentuk. Pilih versi yang paling bikin produk kelihatan bagus menurutmu ya. ;)

Versi Landscape
GOOD

Versi Portrait
 
BAD

Versi 4x4
 
BETTER

Tinggal pilih versi yang paling oke menurutmu. Kalau aku sih yang 4x4. Hehe.

Tips :
Bunga-bunga rose-nya aku tempatkan di pinggiran foto supaya jadi frame. Kenapa bunga-bunganya ga ikut difoto full saja? Karena kalau full, bunga akan mengambil porsi produknya yang seharusnya jadi point kita. Dalam 1 foto lebih baik jangan ada lebih dari 1 Point Of Interest atau benda yang mau ditonjolkan. Apalagi tujuan kita adalah untuk mengambil foto produk.

Anyway, aku juga punya foto-foto salah yang udah terlanjur publish di blogku. Mungkin diantara teman-teman ada yang masih ingat dengan foto ini? Hehe.
Foto ini komposisinya nggak jelas :'( Aku menyadarinya baru-baru ini. Hiks. Harusnya produk aku tempatkan di tengah terus bunga-bunga rose putihnya aku geser lebih ke dalam supaya porsi ikut terfoto lebih besar dan menjadi bingkai di pinggiran foto. Juga, akan lebih baik kalau vas bunganya ditiadakan saja karena cukup mengganggu ternyata. >.< Lebih better kalau produknya aku letakkan lurus saja daripada miring seperti ini. :( Yeah, learn from mistake. ^^

Don'ts
Foto dari atas pantang nyalain lampu yang letaknya diatas lokasi kita foto. Karena cahaya lampu akan membuat pantulan dan bayangan. Pastinya mengganggu sekali kan. Selain itu cahaya lampu akan membuat tone foto menjadi kekuningan/yellowish.

Tips :
Siang hari adalah waktu yang paling bagus buat foto karena ga perlu nyalain lampu segala. Tapi kalau terpaksa harus foto di malam hari seperti aku, bisa gunakan flash external untuk membuat cahaya matahari buatan.
Lebih baik jangan gunakan produk lain yang sejenis dengan produk yang mau kita foto untuk properti foto meskipun bagus dan cocok. (misal:kita foto produk kosmetik lalu propertinya juga kosmetik). Apalagi kalau letaknya bersebelahan, semakin membingungkan yang melihat karena jadi pertanyaan, "ini produk yang mana sih yang mau dia review?". Hehe.

Sekian tips and trick dariku kali ini. Sampai ketemu di postingan berikutnya ya. Thankyou for reading teman-teman. Semoga postingan ini dapat membantu dan berguna.

8 comments:

  1. kalo aku pake belakangnya kalender buat jadi "still life table" haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga nih idenya. Thankyou ya untuk idenya. Kreatif banget :) anyway makasih ya dear udah mampir n baca.

      Delete
  2. pencahayaan dan letak properti nih aku yang sering salah :3 .
    Thanks for sharing cici, sangat berguna ^^

    http://kawaii-diary98.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Airin coba terus pasti bisa. aku juga amatir kog. hehe. makasih ya dear. seneng banget kalau postingan ini bisa berguna. :*

      Delete
  3. Duh kak makasih infonya ><
    nanti share lagi tentang tips and trik mengcapt poto buat review produk ya XDd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Aila sayang. :) Boleeehh.. usulnya ditampung dulu ya, dear. XD thankyou dearie. :*

      Delete
  4. Replies
    1. Hi Ryuu. Terimakasih juga karena sudah membaca ya, :)

      Delete