Sulam Alis di TAMATA Brow

Haiii~ Tahun 2017 ini berkah banget karena banyak keinginanku yang sedikit demi sedikit mulai tercapai salah satunya sulam alis. Yeayyy!!! Ini adalah salah satu hal yang udah aku doa-doain dari awal tahun. Thankyou TAMATA Brow ♥ FYI, Lady behind TAMATA Brow adalah Sherly Celly seorang makeup artist yang sudah berpengalaman selama 6 tahun lebih di industri Beauty. Seluruh pengerjaan sulam alis akan dilakukan oleh ci Celly sendiri. Aku pribadi sangat yakin dengan hasil sulaman ci Celly akan bagus dan sesuai dengan keinginaku.
Alis tuh penting banget lho, karena membingkai dan membentuk karakter wajah. Asalkan alis ready, tinggal pakai lip color udah deh jadi no makeup-makeup look. Aku sulam alis di hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017, aku sengaja menyisihkan 2 minggu ini buat stay di rumah. Eh, maksudnya ga stay-stay banget sih. Hehe. Tetep pergi-pergi sih cuma nggak yang buat foto-foto gitu. Nah, buat yang masih penasaran kayak apa sih sulam alis microblading 6D di TAMATA Brow, prosesnya, dan hasilnya, lanjut scroll aja yuk!


 Disini aku datang dengan makeup super minimal tapi tetep gambar alis dong soalnya kog ga pede ya keluar rumah tanpa gambar alis. Hehe. Saranku sih berangkat dari rumah gausah gambar alis segala ya karena nantinya bakal dihapus pakai remover juga. 


Step 1
Pertama-tama, alis aku diukur menggunakan penggaris khusus alis lalu digambar menggunakan pensil alis dan dicukur+digunting sedikit supaya rapi. Sebelumnya kita bisa konsultasi dulu bentuk alis yang kamu mau seperti apa atau sesuai/tidaknya dengan karakter wajah kamu. Kalau sudah sesuai dengan bentuk alisnya, lanjut ke step 2. 

Step 2
Di step kedua ini gambar alis yang sudah sesuai akan dipertegas supaya nggak hilang sewaktu proses anestesi.

Step 3
Alisku diolesi krim anestesi untuk mengurangi rasa sakit ketika proses sulam. Disini alisku juga di wrap menggunakan plastik bening supaya krim anestesi lebih menyerap dengan sempurna. Proses menunggu hingga krim anestesi terserap adalah 30 menit.

Step 4
Sulam alis dimulaiii!!! Ci Celly menunjukkan bahwa jarum yang akan dipakai steril dan masih tersegel dalam kemasan yang artinya masih baru. Ini point penting yang harus kalian pertimbangkan dalam memilih untuk sulam alis atau sulam apapun karena betapa bahayanya sulam di sembarang tempat yang kita nggak tau soal kualitas kebersihan dan kesterilannya. Oh ya, sekedar info : Jarum yang dipakai untuk sulam alis bentuknya seperti mata pisau tapi kalau diperhatikan mata pisau ini terdiri dari 12 jarum yang berjejer. Alat sulamnya sendiri disebut microblading, bentuknya seperti pena. Sebelum disulam, alis dibersihkan dari krim anestesi menggunakan lap basah. Setelah itu ci Celly mulai menyulam alisku. Jangan kaget ya kalau terdengar bunyi 'grek-grek' saat jarum menyentuh alis(bunyinya persis seperti ketika alismu sedang dicukur). Bunyi ini timbul ketika jarum bergesekan dengan kulit dan menandakan kalau tinta benar-benar masuk ke kulit. Di tengah-tengah proses sulam, ci Celly mengoleskan anestesi cair supaya lebih painless. Proses sulam ini berlangsung selama +/- 40menit untuk kedua alis.

Step 5
Setelah selesai sulam, alisku dioleskan tinta dan didiamkan selama 5 menit agar warnanya benar-benar masuk. Aku request warna tinta yang sesuai dengan warna rambutku. Warnanya lebih gelap pada hasil awal, namun akan memudar dan natural ketika selesai proses peel off. Untuk sulam alis ini, ci Celly menggunakan tinta USA yang dapat bertahan selama 2-3 tahun. Kata ci Celly ada 2 jenis tinta yaitu tinta USA dan tinta Korea. Tinta Korea warnanya soft dan dapat bertahan 6bulan hingga 1 tahun. Jadi kalau masih belum pede kelihatan ngalis banget, bisa pilih tinta Korea karena jatuhnya lebih natural. Semua tinta yang dipakai untuk sulam alis terbuat dari bahan organik. Warnanya memang akan memudar seiring berjalannya waktu, tapi nggak akan berubah menjadi kebiruan atau kehijauan seperti tattoo alis yang menggunakan tinta Sintetis.

Step 6
Setelah 5 menit, alisku dibersihkan dari tinta dan Tadaaaaa... alisku jadi!!! Sulam alis ini pengerjaannya sekitar 2 jam, cepat banget lho. Ci Celly mengoleskan vitamin A + vitamin D Ointment supaya luka pada alis lebih cepat mengering dan mempercepat proses peel off. Vitamin ini dapat dibawa pulang untuk rutin dioleskan pada alis sebanyak 2x sehari, pagi dan malam selama seminggu. Tapi ci Celly menyarankan untuk mengoleskan vitamin hanya di malam hari saja sebab vitamin ini bertekstur oil/minyak yang bisa menyebabkan kotoran dan debu lebih mudah menempel pada kulit terutama saat beraktivitas di siang hari. Mengaplikasikannya pun harus dengan tangan yang bersih agar luka di kulit tidak terkontaminasi bakteri.



Disini aku foto day per day metamorfosis alisku beserta keterangan apa saja yang aku rasakan saat proses peel off.

DAY 1 - Penampakan alis masih seperti baru selesai disulam. Tidak terasa apapun/biasa aja. Haha.
DAY 2 - Penampilan alis masih seperti baru selesai disulam. Agak terasa gatal seperti luka yang mengering.
DAY 3 - Penampilan alis masih sama dengan DAY 1 dan 2. Masih terasa sedikit gatal terutama di bagian pangkal alis dan ujungnya.
DAY 4 - Penampilan alis masih sama dengan hari-hari sebelumnya. Tapi tambah gatal sampai aku kipas-kipasin alisku supaya mengurangi rasa gatal. Haha
DAY 5 - Alis kanan sudah mulai terkelupas ujungnya.
DAY 6 - Alis kanan terlihat lebih cepat mengelupas dibandingkan alis kiri.
DAY 7 - Kedua alis mulai mengelupas tapi belum seluruhnya.

Biasanya sulam alis akan terkelupas dalam rentang waktu 1-2 minggu tergantung masing-masing orang. Umumnya sih 7 hari (1 minggu) sudah mengelupas seluruhnya, tapi aku termasuk yang peel off-nya lama deh kayaknya. Haha. Jadi lanjut ke DAY 8 sampai DAY 14 ya. Mulai DAY 8 ini alisku sudah boleh kena air. Asikkk ♥
DAY 8 s/d DAY 13 - Rasanya gatal dan makin mengelupas banget dari hari ke hari (as seen in the pict ya)
DAY 14 - Ngelupas semuanyaaa, hore!!! Alisku bakalan gini terus setiap hari selama 1 tahun bahkan lebih. Beberapa bulan lagi retouch ah supaya makin awet. Haha

Belum retouch aja, tintanya masuk kurang lebih sekitar 80%. Jujur aku nggak gambar alis lagi kalau kemana-mana. Cuma menyempurnakan bentuk alis di bagian tinta yang kurang nyata dan pakai mascara brow supaya menyamakan warna alis dengan warna rambutku yang baru di dye jadi light brown. Haha. Aku seneng banget sama hasilnya, jadi berasa ready to go tiap hari, makeup pun lebih cepet karena skip gambar alis yang biasanya makan waktu sampai 10- 15 menit. Thankyou, TAMATA Brow ♥
1. Sakit nggak sih? 
Ini pertanyaan pertama yang diajukan teman-teman dan keluarga ketika tau aku baru saja sulam alis di Tamata Brow. To be honest, aku ngerasa perih-perih sedikit yang masih bisa sangat ditolerir. Menurut pengalaman ci Celly reaksi setiap orang berbeda-beda. Ada yang bilang perih seperti yang aku rasakan, ada juga yang bilang nggak sakit sama sekali sampai ketiduran. Jadi rasa sakit tergantung dengan toleransi rasa sakit untuk masing-masing orang ya. Don't worry be happy, karena rasa sakitnya yang nggak seberapa itu dibandingkan dengan kepuasan hati selama setahun lebih 'I woke up like this'. Anyway, aku sempat pikir dua kali sebelum sulam karena melihat hasil sulaman orang lain yang sampai kelihatan timbul karena bengkak dan kulit sekitarnya memerah. Kalau sulam alis di Tamata Brow ini no bengkak dan no merah lho. Kayaknya aku nggak perlu jelasin lebih soal ini karena di foto pun terlihat keadaan alisku sehabis di sulam bener-bener fine banget. I'm beyond happy for the result ♥

2. Apa saja pantangan setelah sulam alis?
Ga boleh kena air selama seminggu agar warna tinta menyerap secara maksimal. Nilai plus untuk Tamata Brow karena sewaktu make appointment, ci Celly memberikan berbagai informasi penting Do's & Dont's setelah sulam alis. Jadi sebelum datang ke tempat Ci Celly aku sudah keramas dulu dong. Hihi. Termasuk selesaiin semua deadline blog/social media post yang mengharuskan aku untuk foto dan bolos event selama +/- 2 minggu sampai sulam alisnya selesai peel off. Btw, pas lagi peel off biarkan tinta mengelupas dengan sendirinya. Jangan sengaja dikelupasin meskipun sudah berjuntai-juntai dengan indahnya. Haha. Kenapa? Karena bagian yang sengaja dikelupas tersebut warnanya akan lebih pudar. Kan ga mau dong ya alisnya jadi gompal-gompal. Hehe. Oh ya, kalau mau sulam alisnya awet dan ga cepat pudar, hindari  alis terkena krim perawatan wajah terutama yang mengandung whitening ya.

3. Kapan harus retouch?
Minimal 6 bulan, maksimal 1 tahun. Perlu diingat kalau setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda-beda dan tentu mempengaruhi hasil sulamnya ya. Ada yang warna tintanya masuk hanya 50%, tapi ada juga yang masuk sampai 100%. Nah, retouch ini berfungsi untuk memperbaiki bentuk alis sekaligus mempertegas warna alis.

4. Mau dong, harganya berapa ya?
Saat ini Tamata Brow sedang promo lho, Rp 600.000,- untuk sulam alis seperti aku dan Rp 300.000 untuk 1x retouch. Menurutku worth every rupiahs karena hasilnya memuaskan!

Last but not least, FOTD dengan alis baruuu, nggak perlu khawatir lagi alis jadi gompal-gompal atau pudar karena wajah berminyak atau keringetan. Love it banget!

Contact Person
Instagram : @tamata_brow
Whatsapp : 081808288663
LINE : celly1988
BBM : (By Request)
Lokasi : Jo Jo's Skincare. Pademangan 4 gg 28 No.1a -Jakarta Utara.
Only by appointment.

No comments:

Post a Comment