A Little Bit - Schwarzkopf Fresh Light #Passion Blonde [REVIEW]

 Ini adalah kali pertama aku mereview cat rambut. Horeee. Meskipun ini bukan pertama kalinya aku mewarnai rambut, tapi berhubung semangat mereview lagi berkobar-kobar, aku jadi rajin deh bikin post di blog. Haha. Sebenarnya sudah lama sekali aku pengen cobain ngecat rambut di salon soalnya enak gituh tinggal duduk-duduk cantik aja. Seumur-umur belom pernah cat di salon karena terlalu mandiri(baca:irit). Jadinya selalu beli produk dan cat di rumah sendirian atau ga minta tolong sama ART(Asisten Rumah Tangga) yang mendadak jadi pegawai salon ya. 3 bulan terakhir ini aku melewatkan 2 kali kesempatan untuk mengecat rambut secara gratis. Yang pertama diajak sama beauty blogger kece, Sasyachi from www.hellosasyachi.com untuk dateng ke eventnya Makarizo setelah itu bakalan dapet kesempatan untuk hair coloring di hair studionya Makarizo secara cuma-cuma. Dan yang kedua, ketika aku terpilih jadi salah satu dari 3 pemenang di Beauty Consultation yang dihosting oleh Stella Lee from www.stellalee.net bersama Bee Talk. Disitu aku menceritakan tentang hair problemku yang selama ini ga pernah dapetin warna yang diinginkan yaitu warna ash seperti warna rambut Stella. Lalu Stella menawarkan untuk ngecat di salon langganannya yaitu One Piece Hair Studio di Central Park secara gratis dan lagi-lagi aku melewatkan kesempatan itu. Mau nangis gak sih???

Pastilah pada heran ya dengan keputusan aku melewatkan kesempatan yang (kayaknya) ga bakalan terulang lagi. Iya, aku ngeri kalau ngecat di salon lantaran kalau mau cat warna terang kan mesti bleaching segala terus produk cat rambutnya dibalurkan sampai kulit kepala sementara aku lagi pregnant. Karena baca sana sini mending dihindari dulu karena kemungkinan produk terserap tubuh dan mengkontaminasi janin yaudah deh aku relakan demi si dedek. Hihi. Semoga berkat ga kemana ya. Sekarang usia kandunganku udah trisemester terakhir. Lebih tepatnya sudah hampir 9 bulan jadi aku berani untuk mewarnai rambutku tapi dengan catatan produknya ga sampai dibalurin ke kulit kepala dengan cara aku beli produk sendiri dan ngecat sendiri. At least sebenarnya aku ngecat rambut karena sebel aja gitu lihat warna rambut yang sekarang, belang-belang dan gelap warnanya. :'D Jadi asal nutupin belangnya yauda. Nanti kalau mau warna yang diinginkan after birthing baru warnain lagi secara totalitas.

Ga sengaja waktu mampir ke Guardian, lihat produk ini, Schwarzkopf Fresh Light lagi pada diskon 40%. Harga normalnya Rp 124.900,- dan setelah diskon 40% menjadi Rp. 60.900,-. Lumayan banget kan yaaa.. Hemat Rp. 64.900,-. Karena cuma sisa 3 warna aja dan masing-masing cuma ada stock 1 box, yaitu Melty Mocha, Mysterious Beige, dan Passion Blonde, suami menyarankan aku ambil warna yang paling terang dari ketiga warna yang aku sebut diatas supaya masuk ke rambutku jadinya pas seperti yang aku mau yaitu warnanya terlihat terang meski ga di bawah cahaya matahari. Dan aku memilih Passion Blonde.
Karena difoto jadinya gambar dan tulisan terlihat kecil, aku sisipkan gambar poster FRESH LIGHT #Passion Blonde (ambil di google tapi saya kurang tau web asalnya darimana karena banyak web yang menggunakan poster ini). Tulisan dan color chart-nya sama ya dengan yang ada di belakang box. Tulisan di belakang box ditulis dengan huruf kanji Jepang.
Tulisan cara pemakaian di samping box menggunakan huruf kanji Jepang + tagalog. Lalu diatasnya ditimpa sticker bertuliskan huruf tagalog full. Tapi diatasnya lagi disisipkan sticker yang gambar dan artinya sama dengan gambar dan tulisan di box. Tentunya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Ribet banget ya. Haha

1. Tube krim pewarna rambut. 40g
2. Botol krim developer. 80ml
3. Tube treatment setelah pewarnaan rambut (seperti conditioner) 20ml
4. Sisir aplikator
5. 1 pasang sarung tangan plastik
6. Brosur panduan pewarnaan (menggunakan bahasa inggris dan huruf tagalog)


Before :
- Terlihat warna asli rambutku yaitu dark brown di bagian akar

After :
- Warna asli rambutku di bagian akar tertutup semua

Di foto After, rambutku kelihatan kering ya? Sebenarnya bukan kering tapi karena baru bangun tidur dan belom keramas + cuma disisir jari. Sedangkan foto Before, keadaan rambutku setelah keramas + disisir rapi

Ohya, sedikit info, aku pernah dikasih tau sama orang salon, kalau jenis rambut orang berbeda-beda. Ada yang punya jenis rambut mudah diwarnai. Jadi warnanya gampang masuk dan jadinya terang. Ada juga yang tipe rambutnya susah diwarnai meski warna rambutnya sama-sama dark brown. Jadi hasil akhir nanti selain tergantung base color rambut kamu, tergantung sama jenis rambutmu juga ya. :)

+ Hasil akhir yang terang di rambutku, hampir sama dengan warna yang diekspetasikan color chart yang ada di box
+ Sesudah bilas, rambut terasa lembut sekali dan tanpa merasa kering or kasar.
+ Pewarna mudah dibersihkan. Padahal aku pakai ini sempat netes ke lantai dan baju tapi dicuci nodanya cepat hilang. Pernah aku ngecat pakai brand lain terus ketika tumpah, noda catnya susah hilang dan ninggalin bekas.

- Baunya masih ammonia. Meski ga begitu menyengat seperti kebanyakan cat rambut lainnya. Cuma aku lebih suka wanginya pewarna rambut merek Syoss(salah satu brand dari Schwarzkopf juga), karena bau ammonianya hampir ga tercium.
- Untuk jenis hair dye foam, Fresh Light ini termasuk sulit ya penggunaannya. Memang terlihat praktis pakai sisir aplikatornya tapi ternyata kalau pakai sendiri susah juga lho karena jadinya ga rata dan kesulitan menjangkau rambut bagian belakang. Mesti dibaurkan lagi dengan disisir jari atau dengan sisir khusus cat rambut. Biasanya hair dye foam yang pernah aku pakai mudah diaplikasikan karena hanya seperti teknik keramas biasa.
- Kalau lagi ga diskon, harganya kemahalan ah menurutku. Hihi.



Tips :
  • Aku menggunakan shower cap untuk menutupi rambutku yang diabaluri pewarna tujuannya supaya ga kena ke kulit dan baju juga supaya baunya ga menyebar kemana-mana.
  • Bau cat rambut ini seperti halnya bau pewarna rambut lainnya yaitu ammonia. Memang ga begitu menyengat seperti cat rambut kebanyakan tapi tetap saja membuat mata perih dan berasa tajam. Sangat disarankan untuk mewarnai rambut di ruangan terbuka atau berventilasi bagus. Seenggaknya ada pendingin ruangan(AC) atau kipas angin. 
  • Setelah pewarna rambut didiamkan selama 30 menit, aku membilas rambut dengan air hangat tujuannya supaya pewarna lebih cepat larut an mudah dibersihkan. Setelah itu aku keramas seperti biasa menggunakan shampoo. Tapi aku keramas 2x berturut-turut karena ketika baru 1x keramas, air bilasan rambut masih berwarna abu. Setelah keramas kedua kalinya baru benar-benar bersih. 

21 comments:

  1. waah sayang bgt 2x cat batal >_< ak jg tdnya diajak ke yg makarizo cm lg uas huhu~
    btw warnanya bagus ya jadinya rata di kamu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Icel. :) Iya sayang nih 2x kesempatan besar dilewatkan. hiks hiks.Wah, kamu juga skip yang makarizo ya. sayang ya.. semoga kesempatan dateng lagi ya, cel. hehe.thankyou, dear. sebenernya bagian dalemnya ga rata karena ngecat sendiri susah bener. hhi.

      Delete
  2. Aku hampir beli yang warna ini ce tapi jadinya yang mysterious beige ahhhh warnanya bagussss ,masih ada amoniak nya ya ce??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau yang mysterious beige bagus ya beb, lebih kalem warnanya. Hihi. Ini sih rada gonjreng warnanya. Kalau mau natural result, passion blonde terlalu terang warnanya. ^^ masih niii, masih bau ammonia-nya. Kalau merek Syoss, salah satu produk Schwarzkopf lainnya bau ammonia-nya hampir ga tercium jadi wangi gitu. Cuma Syoss selain varian warna-warna terangnya susah dicari di pasaran, Syoss juga bukan jenis hair dye foam. Jadi pakainya seperti cream cat biasa. Repot ya, haha

      Delete
  3. Hi beb, wah cerita km about Fresh Light pas bgt nih dengan aku yang mau coba product hair color ini. Last night I see this product at Hero and aku suka dengan packaging nya yang jadi modelnya animation pretty cute doll just like mini barbie.. Aku mau share sedikit, aku sedikit kecewa dengan salah satu salon ternama "JA" aku mau coloring blonde hasilnya just brown padahal basic warna aku light brown dan sudah pernah di bleaching. Warna rambut aku sekarang dark brown with high light blonde and now aku mau full blonde. Aku mau tanya panjang rambut km lebih dari sepundak or kurang dari sepundak? And kamu pakai berapa box beb? Panjang rambut aku sebahu tapi hampir sepundak. Kira2 aku pakai berapa box yah beb? Aniway thanks for sharing with us beb 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Fanny. Sebelumnya thanks banget ya kami sudah mampir dan baca blogku. :) with pleasure ya beb. Yeahh, aku terhitung sudah beli 2 kali nih. Setelah ngecat pakai ini, aku beberapa minggu lalu ngecat lagi. Kali ini dengan produk yg sama tapi warna yg berbeda. ^^ aku puas sama hasil warnanya yg kurang lebih mendekati ekspetasi warna di kotaknya. Wah, terkadang gitu yah di salon, mungkin kalau mau fulk blonde, mesti di bleaching dulu dear. Aku pakai 1 kotak aja, rambutku tebal, sepundak. Tapi kurang kalau pakai 1 kotak, dear. Lebih menywluruh pakai 2 kotak. Ini aku nggak rapi, karena bagian dalam rambutkj nggak kena cat lantaran catnya kurang. Hehe, aku rasa mesti 2 kotak, kalau 1 kotak hanya cukup untuk rambut bob aja, say. ^^

      Delete
  4. aku baru liat post kamu yang ini. 2 minggu yang lalu, aku juga beli freshlight gara2 diskon 50%. Tadinya bingung antara warna ini atau melty mocha. Gara2 takut hasilnya jadi kuning, akhirnya amannya aku ambil yang melty mocha. belum aku pake sih freshlightnya, tapi kok pas lihat hasilnya di rambut kamu yang passion blond, jadi bagus hahaha.

    following you ^^
    yuniusmanda.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yuni. ^^ ayok dicoba juga. Hehe. Senengnya bisa menebar racun. :p aku aja ketagihan nih pakai bubble hair dye. Sampe berencan pengen beli lagi, soalnya sudah mulai bermunculan ugly rootsnya. Whahaha. Tapi sebelum beli, tengok dulu ada diskon apa nggak. Wkwkw.. kalau ga diskon mahal ya, #malahcurcol . Thankyou ya sudah follow aku, aku followback yaa ♥

      Delete
  5. sebelum pewarnaan harus tau dulu caranya agar hasil maximal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Angeline. Hehe. Iya nih, lain x aku mesti belajar caranya supaya hasilnya lebih baik lagi ^^ thankyou ya ♥

      Delete
  6. Gimana cara ngilangin cat rambutnya? Soalnya aku cmn mau pake sementara aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, ga bisa diilangin warna catnya soalnya ini permanent hair color :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Wah hasilnya bagus juga hihi, katanya fresh light bikin kering dirambut

    http://reistilldoll.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rei. Thankyou ya sudah mampir blog aku. ^^ aku suka sama fresh light karena warnanya fashion, terus hasilnya juga mirip sama yang diekspetasikan, di rambutku juga nggak kering. Hehe. Soalnya aku pakai fresh light ini buat warnain rambut my daughter yang baru umur 3 tahun, rambutnya still oke, nggak kering, hehe.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Aku mau nanya klo supaya bener bener blonde tanpa di bleach itu makenya 2x shampo nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngg..mungkin bisa denfan cara seperti itu, Rima.. intinya sih mkin sering kamu pernah cat rambut dengan warna-warna terang, warna blonde bakalan lebih 'masuk' ke rambut kamu..kecuali kalau awal mulanya rambut kamu masih virgin hair blm tersentuh cat sama sekali atau biasanya ngecat dengan warna-warna gelap, mungkin lebih akan susah masuk warnanya.. dengan 2c pengecatan dengan warna yang sama, yang kedua kalinya pasti jadinya lebih terang karena sibantu sama proses yang pertama. :) tetep sih kalau di bleach pastinya warna cat yang dihasilkan akan lebih terang jadinya. ^^ semoga membantu ya Rima. :D

      Delete
  11. wah soal pewarnaan rambut ak gabisa :3 sampai sekarang masih item aja nih rambut hho

    ReplyDelete

  12. Hii Kak, Spexsymbol Online menjual berbagai macam koleksi softlens warna terlengkap & termurah, mulai dari merk Softlens X2, Softlens ICE, Softlens a+. Semua produk softlens yang kami jual memiliki ijin KEMENKES dari RI.

    Silahkan kunjungi website kami di www.spexsymbol.com Dapatkan Freegift, Free Voucher 25K & Free Shipping ke seluruh wilayah Indonesia untuk pembelian Softlens di Spexsymbol.com

    ReplyDelete