Dear Diary - My Ideal Japanese Winter Vacation

Hello Fellas~

Kali ini aku mau cerita tentang "Dream".
Tiap orang pastinya punya dream yang berbeda-beda ya. Ada yang banyak, ada juga yang sedikit. Disini, aku pengen banget sharing sama temen-temen salah satu dream aku dari sekian banyaknya dream. Hehe. Maklum saya kan 'Sang Pemimpi'. (emangnya judul novel?!)

Dream yang satu ini sudah tertanam daridulu, tepatnya waktu aku duduk di kelas 5 sekolah dasar (+/- usia 10 tahun). Masa-masa peralihan dimana aku yang tadinya suka sama telenovela Amigos dan Maria Bellen menjadi penyuka manga(komik) Jepang. Masih inget banget sama manga Jepang pertamaku dulu adalah Nakayoshi. Hehe. Nah di Nakayoshi ini ada selipan artikel berbau negara Jepang seperti tentang festival di negeri sakura, manga-nya, dan bahkan ada juga artikel tentang berwisata ke Jepang lengkap dengan foto-foto pendukung. Jaman internet belum terlalu berkembang seperti sekarang ini, artikel itu sangat berharga dan suka aku baca ulang. Membuat aku langsung punya mimpi kalau suatu hari aku ingin wisata ke Jepang terutama saat musim dingin berlangung. Mengunjungi Jepang adalah salah satu mimpi aku yang pengen aku bahas di post kali ini. Pasti banyak teman-teman disini juga yang nggak kalah pengen pergi ke Jepang ya. Aku sering mendengar opini dari teman dan keluarga yang sudah 'jatuh cinta' sama negara di Asia Timur ini setelah mereka berlibur disana dan ketagihan pengen pergi ke Jepang lagi! Wah ga kebayang deh, saking indahnya dan asiknya negara Jepang sampai membuat mereka pengen balik lagi. Bulan Desember 2014 lalu, Papa dan Mama mertuaku berlibur di Jepang kala musim dingin bahkan kebagian turun salju. Mereka kirim foto-foto seru saat menikmati musim dingin di Jepang.

Wah! Indah sekali ya!

Mereka juga berfoto di dekat bunga Ume yang sedang bermekaran.


Biasanya bunga sakura yang paling terkenal dan identik dengan negara Jepang, tetapi ternyata pada saat musim dingin di Jepang, bunga Ume atau aprikot Jepang inilah sebagai simbolnya. Bunga Ume melambangkan kekuatan, keindahan, dan kesucian.


By the way, foto diatas ini diambil ketika mama mertuaku sedang memakai kimono. Cantik sekali! Psst.. Kita bisa menyewa dan memakai kimono pilihan kita sendiri beserta aksesorisnya(seperti shawl bulu, ikat pinggang, geta/bakiak, dll) selama seharian penuh lho. Dan mereka juga menyediakan jasa makeup dan hair do untuk menyempurnakan penampilan kita. Menurut pengalaman mertuaku, biaya sewa kimono+makeup+hairdo mencapai kurang lebih Rp 800.000,- jika kurs dihitung dari nilai mata uang Yen ke nilai mata uang Rupiah. Seru ya! Kita bisa merasakan berjalan-jalan di negeri sakura memakai kimono seperti wanita Jepang asli. Hehe. Pasti aku nggak tahan buat selfie terus-terusan. Haha.



Ohya, di dalam manga-manga koleksiku, banyak juga cerita berlatar belakang musim dingin di Jepang yang membuatku tambah kepingin untuk pergi ke sana. Memang sih Jepang bukanlah satu-satunya negara yang memiliki 4 musim dan bisa turun salju. Tapi Jepang merupakan negara favoritku karena di Jepang kita dapat menemukan pemandangan kota yang sangat modern sekaligus menemukan pemandangan yang tradisional. Kebudayaannya masih kental dan berjalan seiringan dengan kehidupan yang modern. Menurutku sangat unik!

Setiap orang yang punya impian berlibur di Jepang saat musim dingin pasti mempunyai ukuran idealnya masing-masing ya. Ini adalah beberapa kriteria liburan di Jepang saat musim dingin yang ideal menurutku. :) Enjoy reading!


1. Menikmati salju


Musim dingin(冬:[huyu]) di Jepang adalah musim keempat di Jepang dan berlangsung dari bulan Desember hingga Februari. Musim dingin tanpa turunnya salju belum lengkap rasanya. Aku ingin setidaknya sekali seumur hidup merasakan dinginnya dan indahnya salju. Hehe. Turunnya salju menandakan suhu cuaca yang terbilang cukup rendah bagi aku yang terbiasa tinggal di negara tropis karena suhu musim dingin di Jepang seringkali dibawah 0 derajat celcius. Meskipun dingin sekali , aku tetap penasaran sekali ingin merasakannya sendiri. >.<


2. Mencoba olahraga es



Seringkali musim dingin dikaitkan dengan olahraga ski, snowboard, dan es sakting. Hamparan salju yang luas dan cuaca yang dingin memang sangat memungkinkan kita untuk ber-ski ria. Dalam salah satu manga favoritku, Hai Miiko, ada beberapa scene cerita mereka sedang bermain ski. Kelihatannya sedikit sulit dan butuh keahlian tapi itu nggak membuatku berkecil hati dan tetap mau belajar main ski sampai bisa! Haha.


3. Berendam di pemandian air panas/ Onsen



Wah, yang satu ini tentu ga boleh terlewatkan karena pasti sangat nyaman jika berendam di pemandian air panas ketika cuaca sedang dingin. Karena Jepang memiliki banyak gunung vulkanik aktif maka sumber air panas di negara ini mencapai ribuan jumlahnya. Onsen (温泉) adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti sumber air panas dan tempat berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Psst, tau nggak, ternyata Onsen ini memiliki dua sumber panas, magma yang berada di dasar gunung berapi dan panas yang bukan dari gunung berapi. By the way, sumber pemandian air panas ini mengandung banyak sekali mineral yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita. Wah. selain dapat pengalaman, kita juga bisa ber-relaksasi sekaligus mendapatkan manfaat kesahatan untuk tubuh dan juga kecantikan kulit kita. Pasti kaum wanita tergiur dengan manfaat untuk 'kulit cantik'nya ya. Haha. Sama kog, saya juga. :D


4. Melihat festival musim dingin



Di Jepang banyak sekali festival yang asyik untuk dinikmati dan nggak ada di negara lain seperti festival salju di Sapporo, ibukota Hokkaido. Festival salju atau Sapporo Yuki Matsuri memang sangat terkenal dan jumlah wisatawan yang datang bisa mencapai 2 juta pengunjung! Festival yang berlangsung selama seminggu pada awal Februari itu menyuguhkan seni pahat membuat patung dan diorama tempat-tempat terkenal, istana, dan sebagainya karya seniman Jepang yang terkenal. Selain festival, kita juga dapat menikmati indahnya pencahayaan atau penerang objek-objek wisata tertentu pada musim dingin. Pasti luar biasa berkesan ya melihat semaraknya cahaya lampu-lampu natal di sepanjang jalan. Cuma ada di musim dingin lho. :P

5. Mengunjungi Gunung Fuji


Siapa yang ga kenal sama gunung tertinggi di Jepang yang satu ini. Gunung Fuji! Yup! Gunung yang terletak di perbatasan prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo ini memiliki tinggi 3.776m. Gunung Fuji ini adalah simbol negara Jepang lho. Sebetulnya aku juga ingin mencoba untuk mendaki gunung Fuji tetapi sepertinya sebelum sampai puncak aku ga bakalan kuat karena untuk mendaki saja diperlukan waktu selama 3 hingga 7 jam! Sedangkan waktu yang diperlukan untuk menuruni gunung mencapai sekitar 2 jam hingga 5 jam.

6. Wisata Kuliner


I LOVE JAPANESE FOOD! Sekarang kalau disuruh pilih mau makan apa di mal, aku pasti pilih ke restoran Jepang! Apalagi kalau suatu hari liburan ke Jepang, wisata kuliner sama sekali tidak boleh dilewatkan karena negara Jepang memiliki seni makanan yang memiliki ciri khas dan cara membuat/memasaknya pun unik.

7. Berjalan-jalan dan shopping di Shibuya


Shibuya ini familiar buatku karena aku sering baca manga berjudul GALS! dimana latar belakang cerita berlokasi di distrik Shibuya, Tokyo.

Di Shibuya ini aku ingin shopping di 109 (Ichi-maru-kyu) Departement Store yang merupakan pusat mode untuk para remaja wanita berusia belasan hingga 25 tahun.


By the way, jika kalian tau tentang kisah kesetiaan seekor anjing yang selalu menunggu kedatangan tuannya di stasiun kereta, yang ternyata tuannya telah meninggal di tempatnya bekerja. Anjing itu tetap setia menunggu tuannya di depan stasiun sampai akhir hayatnya. Nah, di stastiun Shibuya inilah tempat dimana kisah Hachiko benar-benar terjadi. Di Shibuya ini juga terdapat patung Hachiko untuk mengenang kesetiaan sang anjing dan juga patung ini telah menjadi sebuah tanda sewaktu membuat janji untuk bertemu di Shibuya lho. Aku sendiri ingin berfoto dengan patung ini karena patung ini sangat terkenal dan merupakan salah satu simbol dari distrik Shibuya.

 

Harajuku juga merupakan salah satu tempat di Shibuya yang paling ingin aku kunjungi karena penasaran sekali bagaimana suasana disana dan melihat-lihat(sekaligus foto-foto) pengunjung Harajuku yang memiliki style fashion yang unik dan make up yang berkarakter seperti gaya Lolita yang cute dan sweet ala boneka Eropa, Gothic&Gotchic Lolita yang biasanya bernuansa hitam, memiliki kesan yang kuat, dan elegan seperti boneka pada jaman victoria, juga ada gaya Visual Kei yang punk and rock, dan masih banyak lagi gaya lainnya. Siapa tau bisa menginspirasi aku. Hehe. Di Harajuku ini juga menjadi ajang para musisi lahir karena banyak dari mereka yang menjual cd lagu hasil rekaman suara mereka sebagai promosi juga mereka nggak segan menari dan menyanyi bahkan memberikan poster mereka kepada orang yang membeli cd mereka. Ternyata memang banyak juga pencari bakat mengunjungi Harajuku untuk mencari artis baru.


 

Nggak lupa di Harajuku ini aku harus mencoba untuk berbelanja di Jalan Takeshita (Takeshita-dori). Di sepanjang jalan panjang berukuran kurang lebih 360m ini berjejer berbagai toko mulai dari item fashion, souvenir, bahkan kuliner pun ada! Wah! Aku ingin sekali berbelanja sambil makan crepes! Hehe.

 
Ini adalah 7 point penting yang bikin liburan musim dinginku di Jepang menjadi ideal. Bagaimana dengan kamu? Yuk cerita di blog kamu dan ikut kompetisi blog yang diadakan oleh BBlog bersama dengan JR EAST. Klik poster di bawah ini untuk melihat syarat & ketentuan mengikuti kompetisi.


Aku punya rekomendasi untuk kamu yang sedang merencanakan berlibur di Jepang periode musim dingin ini.


Tokyo Rail Days adalah jawaban untuk kamu dalam melakukan perjalanan keliling Jepang dengan kereta akses langsung dari kota Tokyo.


Jadi kamu bisa mengunjungi tempat wisata di area destinasi yang sudah termasuk dalam satu paket. Nggak perlu bingung buat reservasi karena kamu bisa langsung reservasi di Indonesia melalui travel agen yang bersangkutan.


Spesial Promosi "Buy 1 Get 1" FREE Booking dari tanggal 10 Januari 2105 - 28 Februari 2015.

.
Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan Shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai "Snowy Wonderland" ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa ski resort.

Daftar harga paket bisa dilihat pada poster di bawah ini (perode 10 Januari 2015-31 Maret 2015) atau bisa dilihat lebih detailnya disini.

Gala Yuzawa adalah resort area olahraga es seperti ski, snowboard, dan sled yang terletak di kota Echigo Yuzawa di perfektur Niigata. Tempat ini dibuka mulai dari musim dingin/salju sampai kira-kira petengahan bulan Mei dimana salju mencair maka tempat ini tertutup untuk umum. Oh iya, kalau mau menuju area ski, kita kudu naik gondola(kereta gantung) selama 5 menit lho.

 

Wah pasti bahagia banget ya bisa jeprat jepret pemandangan indah saat melihat ke bawah dari atas gondola.

Jangan khawatir, kalau kita nggak punya peralatan ski dan snowboard, kita bisa rental di counter yang disediakan Gala Yuzawa resort ini. 


Terus, kalau kita belum bisa main ski dan beneran kepengen mahir, ternyata di Gala Yuzawa ini punya fasilitas "The Ski & Board School" dan pengajarnya bisa berbahasa Inggris jadi tetap bisa lancar berkomunikasi sama kita para turis yang biasanya ga bisa bahasa Jepang. Hehe.

Aku punya sedikit tips untuk liburan saat musim dingin yang biasanya suka terlupakan.

1. Bawa pelembab kulit dan bibir.


Ini sangat penting untuk menjaga penampilan kita agar tetap terlihat segar. Udara yang dingin sapat membuat kulit kering dan bibir pecah-pecah. Karena itu selalu sedia Lip balm, Hand cream, dan Body Butter dalam hand carry-mu.

2. Pakai ear warmer


Udara yang dingin apalagi sampai turun salju dapat menyebabkan telinga kita terasa sakit. Ear warmer yang berbentuk seperti headset ini dapat menghalau angin dingin masuk ke telinga. Pilih model, warna, dan bentuk ear warmer yang sesuai dengan seleramu dan senada dengan winter outfitmu supaya kamu jadi fashionable. :)

3. Siap vitamin dan obat-obatan


Kita terbiasa tinggal di iklim tropis. Cuaca yang mencapai 0 derajat celcius bahkan minus dapat menyebabkan tubuh kita drop karena belum terbiasa. Vitamin dapat menjaga tubuh kita agar tetap kuat dan menambah stamina. Jika sudah terlanjur drop seperti terkena flu ringan, obat-obatan yang kita bawa akan sangat membantu sekali. Kalau sakit kala liburan kan nggak enak banget yaa. >.< Apalagi kalau mesti spend money dan waktu buat cari obat di negeri orang. Bawa dari rumah paling irit dan praktis!

Beberapa tahun lalu, mama mertuaku pernah memberikan baju musim dingin lama beliau untukku. Meski bukan baru, tetapi bajunya masih bagus sekali tidak terlihat kalau bekas. Hehe. Aku bikin OOTD inspired sedikit siapa tau bisa menginspirasi gaya winter fashionmu. Enjoy ya ♥



Terimakasih sudah membaca cerita tentang dreamku ini. Semoga dream kamu juga tercapai. :D Kalau kamu suka sama tulisan aku ini, bantu vote aku ya dengan cara klik disini. Thankyou so much! Your vote are  precious.

XOXO

16 comments: